Articles

Tips Dalam Mengatasi Kegemukan Pada Anak

Tips Dalam Mengatasi Kegemukan Pada Anak

kali ini Hilo school akan memberikan “Tips Dalam Mengatasi Kegemukan Pada Anak”

Obesitas pada anak merupakan keadaan dimana anak memiliki berat badan berlebih untuk umur dan atau tinggi badannya. Obesitas dapat terjadi tentunya karena jumlah asupan kalori yang masuk kedalam tubuh lebih banyak jika kita bandingkan dengan kalori yang digunakan..

Kebanyakan orang beranggapan bahwa anak yang badannya gemuk terlihat begitu menggemaskan tanpa mempedulikan kesehatannya. Padahal, kelebihan berat badan tentu saja membawa dampak negatif. Misalnya, anak menjadi kurang begitu aktif sebab ia tidak leluasa untuk bergerak atau berkaitan dengan peningkatan risiko berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes dan penyakit jantung.

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai penyebab dari obesitas pada anak.
Inilah beberapa diantaranya :

  1. Obesitas pada anak bisa saja dikarenakan adanya faktor genetik atau keturunan.
  2. Anak terlalu sering dalam mengkonsumsi makanan cepat saji yang tinggi lemak dan tinggi kalori.
  3. Obesitas pada anak juga bisa dikarenakan sang anak kurang bergerak.
  4. Terlalu banyak mengkonsumsi minuman ringan tinggi gula.

Masalah obesitas pada anak memang harus kita hindarkan. Jangan sampai anak anda kelebihan berat badannya sehingga ia sulit untuk melakukan aktivitasnya, inilah berbagai “cara yang bisa anda lakukan dalam mengatasi obesitas pada anak. Diantaranya:

  1. Cara mengatasi obesitas pada anak yang perlu anda lakukan tentu saja dengan memberikan makanan yang sehat untuk anak anda. Sehat di sini berarti kaya nutrisi namun seimbang kalorinya, seperti halnya susu yang rendah lemak, sayur, daging (pilih bagian rendah lemak atau buang bagian kulit) maupun buah. Dan ada baiknya pula anda menghindarkan anak anda dari makanan yang cepat saji, makanan yang kandungan lemaknya tinggi hingga makanan dan minuman manis tinggi gula.
  2. Sebelum sang anak berangkat kesekolah ada baiknya anda menyiapkan sarapan sehat untuknya dan jangan lupa juga untuk membawakan bekal sehat untuknya.
  3. Anda juga harus mengganti cara anda dalam mengolah makanan. Biasanya anda mengolahnya dengan cara menggorengnya, kini anda bisa mengukusnya atau merebusnya.
  4. Arahkan pula anak anda untuk selalu makan dimeja makan jangan sampai di depan televisi atau di depan computer.
  5. Tidak ada salahnya juga anda mengajak anak anda untuk beraktivitas diluar ruangan seperti halnya berenang atau aktivitas yang lain yang penting agar anak bergerak guna mencegah obesitas pada anak.
  6. Memilih susu rendah lemak untuk anak juga merupakan pilihan lebih sehat.

Itulah tadi berbagai tips yang bisa anda tempuh dalam mengatasi obesitas pada anak. Karena bagaimanapun juga yang namanya kelebihan berat badan tentu saja tidak bagus untuk kesehatan tubuhnya.

Baca juga: Mitos-mitos Seputar Menambah Tinggi Badan

Leave a Reply

3 Comments on "Tips Dalam Mengatasi Kegemukan Pada Anak"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
trackback

[…] Baca juga: Mengatasi Kegemukan Pada Anak […]

trackback

[…] namun anak-anak pun juga demikian. Berat badan yang berlebih pada anak tentunya bisa menyebabkan obesitas sehingga bisa membuatnya susah untuk bergerak melakukan aktivitasnya. Belum lagi berbagai macam […]

trackback

[…] baca juga: Tips Dalam Mengatasi Kegemukan Pada Anak […]

wpDiscuz

Top