Articles

Ketahui Bahaya Menakutkan Obesitas Pada Anak

Ketahui Bahaya Menakutkan Obesitas Pada Anak

Bahaya Obesitas Pada Anak – Disadari atau tidak, anak-anak saat ini sangat gemar dengan makanan cepat saji serta minuman manis yang tinggi gula. Tahukah kamu jika makanan dan minuman seperti ini mengandung kalori yang tinggi sehingga termasuk salah satu pemicu obesitas? Jika sudah mengalami obesitas tentu tidak hanya badan saja yang menjadi terasa tidak nyaman, namun penyakit lainnya juga mudah menyerang.

Kegemukan (obesitas) merupakan kondisi medis dimana seseorang kelebihan berat badan dan lemak tubuh sehingga berdampak pada kesehatan yang menjadi memburuk. Bayangkan saja jika seorang anak SD atau TK gemar mengonsumsi makanan dan minuman siap saji yang tinggi kalori dalam jangka waktu lama. Bisa-bisa setelah dewasa atau remaja dia akan menderita obesitas, atau bahkan masalah obesitas sudah muncul sejak dari masa kanak-kanak.

Bahaya Obesitas Pada Anak

Faktor yang menjadikan anak memiliki berat berlebih (obesitas) bisa saja karena faktor keturunan. Namun juga bisa karena pola makan yang salah, misalnya kegemaran dari mengonsumsi makanan cepat saji yang tinggi kalori dan minuman manis yang tinggi gula. Jika anak sudah menderita obesitas tentunya ini juga akan sulit dalam mengontrol nafsu makan mereka. Mereka juga cenderung memilih makanan dan minuman yang tidak sehat hanya untuk menutupi rasa laparnya. Akibatnya, berat badan tidak dapat turun bahkan cenderung semakin bertambah.

Bahaya obesitas selain membuat anak menjadi kesulitan beraktifitas, tentu akan menimbulkan masalah lain yang salah satunya sudah disebut di atas. Nah, berikut ini bahaya obesitas lainnya yang wajib kamu waspadai.

  1. Gangguan pernapasan
    Anak yang mengalami obesitas memiliki risiko mengalami gangguan pernapasan atau asma yang lebih tinggi. Selain itu, anak juga rentan menderita sleep apnea yaitu gangguan pernapasan yang timbul saat tidur dan dapat berbahaya.
  2. Timbulnya penyakit berbahaya lainnya
    Banyak bahaya kesehatan yang timbul akibat obesitas, termasuk pada anak-anak. Sebagai contoh: penyakit tekanan darah tinggi, jantung, kolesterol tinggi, gangguan fungsi hati, diabetes atau kencing manis, dan beberapa jenis kanker.
  3. Gangguan emosi
    Tidak hanya menyerang pada fisik saja, namun psikis anak yang menderita obesitas juga akan terganggu atau bahkan bisa saja mengalami depresi. Selain itu, mereka juga jadi rendah diri ketika bergaul dengan teman sebayanya. Tak sedikit pula mereka jadi mengalami kemunduran pada nilai akademis di sekolah.

Sebenarnya bahaya obesitas pada anak bisa dicegah. Aturlah pola makan anak dengan baik: hindari gorengan, kurangi minuman manis tinggi gula, perbanyak buah dan sayur, serta batasi cemilan tinggi kalori. Jangan lupa, ajak anak untuk aktif bergerak dan berolahraga.

Baca juga: Mengatasi Kegemukan Pada Anak

Leave a Reply

1 Comment on "Ketahui Bahaya Menakutkan Obesitas Pada Anak"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
trackback

[…] dapat mengatasi masalah obesitas pada anak, penyebab obesitas pada anak harus diketahui dengan jelas terlebih dahulu. Selain faktor keturunan, […]

wpDiscuz

Top