Articles

Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Disiplin dan Penyayang

Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Disiplin dan Penyayang

Mendidik anak memang susah-susah gampang. Mendidik anak membutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Namun jika sudah dibiasakan sejak dini maka anak akan tumbuh menjadi pribadi yang hebat.

Banyak orang tua yang mencari berbagai cara mendidik anak yang baik. Cara mendidik anak memang beragam. Salah satunya adalah cara mendidik anak agar menjadi disiplin dan penyayang. Seiring dengan perkembangan jaman dan lingkungan yang berubah menjadi lebih individualis, anak-anak cenderung kurang memiliki sifat disiplin dan penyayang. Selain itu, penerapan cara mendidik anak tidak jarang bersifat otoriter. Padahal anak tidak suka jika dipaksa dan memakai kekerasan.

Para orang tua dapat menerapkan cara mendidik anak berikut ini. Silakan simak beberapa cara mendidik anak berikut .

  1. Berilah contoh secara langsung.
    Kebanyakan orang tua hanya menyuruh anaknya untuk melaksanakan tugas atau kewajibannya. Namun tidak memberikan contoh secara langsung. Cara mendidik seperti ini kurang tepat, karena anak justru akan menjadi pembangkang dan tidak disiplin. Misalnya dalam beribadah. Ketika waktu beribadah tiba, ajaklah anak beribadah bersama dengan tepat waktu, tidak hanya menyuruhnya tanpa memberikan contoh.
  2. Memelihara hewan peliharaan
    Cara mendidik anak agar menjadi penyayang adalah dengan memelihara hewan peliharaan. Peliharalah hewan seperti kucing, kelinci, atau anjing kecil untuk melatih anak agar menjadi penyayang. Hewan peliharaan dapat menjadi media dalam cara mendidik anak. Ajaklah anak merawat hewan peliharaan seperti memberi makan, memandikan, dan juga bermain.
    Selain itu memperhatikan hewan peliharaan saat sakit juga dapat membuat anak lebih peduli dan menyayangi makhluk hidup. Sehingga cara mendidik anak dengan memelihara hewan akan menumbuhkan sikap penyayang kepada anak.
  3. Membuat daftar kegiatan
    Ajaklah anak untuk membuat daftar kegiatan sehari-hari yang harus dilakukan.  Berilah ketentuan dan pengertian agar anak dapat melaksanakan kegiatannya secara teratur. Bagilah waktu dalam sehari kegiatan apa saja yang harus dilakukan, misalnya jam berapa ia mandi, makan, belajar, bermain, dan juga tidur. Jika kegiatan anak dapat terjadwal, maka anak akan terbiasa disiplin.
  4. Mengajarkan anak untuk berbagi dengan teman
    Untuk menumbuhkan rasa penyayang kepada anak, ajarkan anak untuk berbagi dengan temannya. Bawakan ia bekal makanan lebih ketika ke sekolah dan ajarkan untuk membagi bekal tersebut dengan temannya. Dengan cara seperti ini, anak dapat terbiasa berbagi dengan teman.

Kunci dalam mendidik anak memang ketelatenan. Jika telaten dalam mendidik anak, niscaya anak akan tumbuh menjadi pribadi yang hebat. Semoga cara mendidik anak diatas dapat bermanfaat untuk orang tua.

baca juga: Beberapa Resep Makanan Untuk Anak yang Dapat Dijadikan Bekal Sekolah

Leave a Reply

1 Comment on "Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Disiplin dan Penyayang"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
trackback

[…] baca juga: Mendidik Anak Agar Menjadi Disiplin dan Penyayang […]

wpDiscuz

Top