Articles

Apa yang menyebabkan obesitas pada anak?

Apa yang menyebabkan obesitas pada anak?

Masih banyak orang tua yang mendambakan anak yang gemuk karena terlihat lucu dan menggemaskan. Padahal, obesitas pada anak dapat menyebabkan berbagai macam gangguan mulai dari gangguan kesehatan hingga gangguan emosional. Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa obesitas pada anak berkaitan dengan obesitas di usia dewasa, yang berarti bahwa anak yang kegemukan umumnya juga akan mengalami masalah berat badan saat dewasa nanti. Efek negatif obesitas pada anak terhadap kesehatan juga banyak ditemukan, termasuk peningkatan risiko diabetes dan penyakit jantung.

Untuk dapat mengatasi masalah obesitas pada anak, penyebab obesitas pada anak harus diketahui dengan jelas terlebih dahulu. Selain faktor keturunan, ada 3 faktor yang berperan penting menyebabkan obesitas pada anak yaitu pemilihan makanan yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, serta kebiasaan dan pola makan di keluarga. Ketiga faktor ini sebenarnya dapat diubah sehingga penting diperhatikan dalam mengatasi obesitas pada anak.

Resiko Obesitas pada anak

Pemilihan makanan yang tidak sehat meliputi makanan tinggi gula dan tinggi lemak. Kedua jenis makanan ini dikatakan tidak sehat karena tinggi kalori namun rendah nilai nutrisinya. Bahayanya, jenis makanan tinggi gula dan tinggi lemak sangat mudah ditemukan sehingga sangat mudah dikonsumsi secara berlebihan, misalnya makanan siap saji dan cemilan terproses. Rasanya yang enak dan sesuai selera anak juga menyebabkan jenis makanan ini banyak disukai anak.

Kurangnya aktivitas fisik dapat terjadi karena munculnya banyak teknologi yang mempermudah aktivitas sehari-hari, sebagai contoh penggunaan mobil yang menggantikan sepeda atau berjalan kaki. Selain itu, semakin banyaknya teknologi hiburan seperti televisi dan games membuat anak semakin enggan bermain dan beraktivitas di luar rumah. Padahal, pola aktivitas yang sedenter seperti ini berkaitan erat dengan masalah obesitas pada anak dan juga pada orang dewasa.

Selain faktor keturunan dari orang tua yang dapat mempengaruhi risiko obesitas pada anak, orang tua juga berperan penting dalam mempengaruhi pola makan dan kebiasaan anak. Selain itu, orang tua yang memiliki berat badan berlebih juga umumnya lebih tidak khawatir terhadap berat badan dan masalah obesitas pada anak.

Setelah memahami faktor-faktor yang dapat menyebabkan obesitas pada anak, kini Anda dapat bertindak mengatasinya dengan tepat. Pastikan anak memilih makanan kaya nutrisi namun terbatas nilai kalorinya, seperti buah dan sayur. Batasi pula konsumsi makanan siap saji yang tinggi kalori namun tidak bergizi. Ajak anak untuk lebih aktif bergerak. Dan, tak lupa mulailah kebiasaan-kebiasaan baik ini dari diri Anda untuk memberikan contoh yang baik pada anak guna mengatasi masalah obesitas pada anak.

Baca juga: Ketahui Bahaya Menakutkan Obesitas Pada Anak

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz

Top