Articles

5 tips Mengurangi resiko obesitas pada anak

5 tips Mengurangi resiko obesitas pada anak

Obesitas merupakan suatu kondisi dimana seseorang memiliki kelebihan berat badan yang disebabkan oleh banyaknya lemak.

Banyak faktor yang menjadi penyebab seseorang obesitas, misalnya karena jumlah asupan makanan yang berlebihan, pola makan sehari-hari yang tidak tepat atau kurangnya gerak pada tubuh. Obesitas tidak hanya mengincar orang dewasa, bahkan anak-anak bisa mengalami gejala kelebihan berat badan dan hal ini tidak dapat dianggap sepele. Obesitas pada anak dapat menyebabkan berbagai macam gangguan, seperti gangguan belajar dan bersosialisasi.

Baca Juga : Permasalahan Obesitas Pada Anak Yang Harus Diselesaikan

Tak hanya itu, obesitas pada anak juga berkaitan dengan gangguan kesehatan baik di masa kanak-kanak maupun dewasa nantinya. Di antaranya, gangguan pernapasan atau asma serta meningkatkan risiko penyakit kolesterol hingga jantung koroner nantinya. Tentu sebagai orang tua kita tidak ingin penyakit ini menjangkit anak-anak tersayang. Maka dari itu bagi anda yang memiliki anak dengan berat badan yang memungkinkan terjadinya obesitas, lebih baik mengikuti beberapa tips untuk mengurangi resiko obesitas pada anak sebagai berikut :

  • Kendali hidup sehat dimulai dari Orang tua
    Kita tahu, anak belajar dengan cara mencontoh. Apa yang dilakukan oleh orang tua mereka, maka itulah yang dianggap pelajaran bagi mereka. Dengan demikian, orang tua harus bisa memulai gaya hidup sehat agar menjadi contoh bagi anak-anaknya. Orang tua bisa mempelajari apa saja yang berkaitan dengan kesehatan, misalnya informasi gizi, diet sehat, dan bagaimana cara olah raga yang baik.
  • Pemahaman yang baik tentang hidup sehat
    Katakan dengan baik, bahwa merubah kebiasaan tertentu bisa membuat mereka lebih baik. Kebanyakan orang tua merasa bahwa anak mereka akan rewel jika dikenalkan dengan makanan sehat seperti wortel, atau kegiatan yang berhubungan dengan aktifitas fisik dan olah raga. Ketahuilah bahwa anak-anak tidak selalu sepertiitu, karena anak-anak kita adalah anak yang pintar, dan hal-hal yang terbuka akan membuat mereka bisa memilih dan menentukan keputusan untuk dirinya sendiri.
  • Menerapkan gaya hidup sehat dalam keluarga.
    Cara yang bagus untuk memulainya adalah dengan menjadikan hidup sehat sebagai kebiasaan keluarga. Dan Anda sebagai orang tua tentu yang harus menjadi motor penggeraknya. Pada dasarnya ini adalah cara untuk membuat seluruh keluarga melakukannya, sehingga lebih mudah bagi anak Anda yang kelebihan berat badan dan Anda bisa mengatur semua untuk hidup sehat melalui pencegahan. Seluruh keluarga harus berfikir mempersiapkan tentang makanan dan cara mempersiapkannya di rumah. Dengan melakukan ini, anak-anak akan mendapatkan pengetahuan tentang apa yang diperlukan untuk menyiapkan makanan yang sehat.
  • Jauhkan godaan makanan tak sehat
    Obesitas anak adalah urusan keluarga, dan jika Orang tua ingin anaknya sukses, maka harus ikut terlibat sepenuhnya.Milikilah pengetahuan dan berpartisipasi aktif dalam perubahan gaya hidup bagi diri sendiri maupun anak-anak Anda. Hilangkan godaan sepertimakan makanan dan snack tinggi lemak, minuman sirup, susu, soda. Makanan seperti ini memang menarik bagi anak-anak, tapi tidak sehat bagi anak Anda terutama yang berjuang dengan masalah berat badan.
  • Pilih Olahraga yang cocok bagi anak
    Jika anak Anda sudah sadar diri untuk mau ikut dalam sebuah kegiatan atau tim olahraga setelah sekolah, Anda bisa mengarahkan kepada olahraga seperti lompat tali, bersepeda, tenis, bulu tangkis, berenang, atau berjalan kaki.

Sumber :
http://www.webmd.com/parenting/video/ludwig-stop-childhood-obesity
http://www.webmd.com/parenting/features/helping-children-get-thin#1


Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz

Top