Articles

4 Tips Meningkatkan Kecerdasan Anak ala HiLo School

4 Tips Meningkatkan Kecerdasan Anak ala HiLo School

Anak sangat identik dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka selalu bertanya hingga hal yang paling sepele, tapi orang tua jangan sampai menanggapinya dengan remeh atau bahkan mengacuhkannya. Kecerdasan biasanya merujuk pada kemampuan atau kapasitas mental dalam berpikir, namun belum terdapat definisi yang memuaskan mengenai kecerdasan.

Peneliti Stenberg & Slater pada tahun 1982 mendefinisikannya sebagai, tindakan atau pemikiran yang bertujuan dan adaptif. Jika anak hanya diam saja dalam berbagai kesempatan, tidak menunjukan rasa ingin tahu tentang sesuatu hal, itu perlu di khawatirkan. Bunda tidak perlu pusing atau menjadikan itu sebuah tekanan. Ada beberapa cara yang dapat membantu jika anak Bunda termasuk anak yang pendiam atau pasif.

  • Waktu untuk bicara.
    Terdengar sederhana? Tapi kadang orang tua terlalu sibuk dengan urusannya yang membuat jarangnya komunikasi pada anak. Ajak bicara tentang kesibukan atau rencana, Lalu bertanya kepadanya. Itu akan membantu pengetahuan anak kamu tentang berbagai aktifitas.
  • Nyanyikan sebuah lagu
    Nyanyikan sebuah lagu atau kamu bisa ajak anak kamu bernyanyi. Jangan takut kalau suara kamu tidak bagus, anak kamu tidak akan bilang kalo kamu adalah penyanyi yang buruk. Justru mereka akan mengidolakan kamu, dia akan bernyanyi bersama kamu atau berjoget. Itu akan sangat membantu berkembangnya sifat motorik anak kamu.
  • Meniru.
    Mulailah dengan mengajaknya menirukan gerakan yang sering dia lihat atau mungkin meiniru suara-suara hewan. Ini merupakan cara yang efektif, anak kamu akan akan senang dan bisa mecoba hal-hal baru.
  • Membacakan buku atau menceritakan sesuatu
    Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan imajinasi anak kamu. Kamu bisa menceritakan sesuatu lalu menanyakan pendapatnya, hal ini baik atau buruk? Jalan keluar yang terbaik seperti apa? Anak kamu akan berfikir dan mecoba memberi saran, banyak manfaat positif dari hal ini.

Dari beberapa tips di atas, dapat kita tarik kesimpulan kalau komunikasi merupakan hal yang penting. Komunikasi anak dan orang tua memberikan hal positif untuk kecerdasan anak, terutama anak merasa nyaman saat bersama Bunda, dia akan banyak bercerita tentang dirinya tanpa ada keraguan. Semoga tips ini bermanfaat yaa.

Sumber : https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/Pages/The-Secret-to-a-Smarter-Baby.aspx https://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_intelektual

Artikel lain tentang susu penambah tinggi badan


Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz

Top