Articles

Tips Memilih Cemilan Sehat Untuk Anak

Tips Memilih Cemilan Sehat Untuk Anak

Cemilan merupakan makanan yang digemari oleh semua orang, terutama anak-anak. Cemilan dinikmati karena lebih ringan, banyak pilihan, dan dapat mengganjal perut saat belum waktunya jam makan. Karena itu, para orang tua tentunya tidak boleh sembarangan dalam memilih cemilan untuk anak. Seperti apakah cemilan yang sehat? Pilihlah cemilan dengan kandungan nutrisi yang baik dan lengkap namun tidak tinggi nilai kalorinya. Cemilan sehat seperti ini perlu menjadi prioritas utama karena bermanfaat mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak.

Saat ini membuat sendiri cemilan sehat untuk anak mulai dibiasakan karena kekhawatiran para orang tua. Ketakutan tersebut bukan tanpa sebab, karena diluar banyak jajanan atau cemilan yang masih diragukan kebersihan dan kandungan nutrisinya. Sehingga banyak orang tua yang lebih memilih membuat sendiri cemilan sehat untuk anak. Orang tua juga menjadi selektif ketika memilih cemilan sehat untuk anak.

Membuat sendiri cemilan sehat untuk anak menjadi solusi ketika orang tua khawatir anaknya jajan sembarangan di luar. Namun tidak sedikit orang tua yang masih kebingungan bahan apa yang baik untuk diolah sebagai cemilan sehat untuk anak. Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa pilihan makanan yang dapat dijadikan cemilan sehat untuk anak yang mengandung nutrisi. Bahan-bahan berikut juga sangat baik untuk perkembangan anak. Mari kita simak bahan apa saja yang baik untuk cemilan anak.

  1. Kacang-kacangan
    Aneka kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang mede, hazelnut, dan almond merupakan makanan ringan yang mudah dijumpai. Selain itu, cemilan ini juga disukai oleh anak-anak. Kacang-kacangan kaya akan protein, lemak baik, dan berbagai macam mineral yang penting untuk mendukung pertumbuhan anak.  Jadi kacang-kacangan sangat baik untuk dijadikan sebagai cemilan sehat untuk anak.Tips: Agar lebih sehat, kacang sebaiknya dipanggang di oven atau disangrai di penggorengan dan bukan digoreng.
  2. Puding atau agar-agar
    Cemilan yang satu ini juga menjadi kegemaran anak-anak. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang manis memang cocok untuk cemilan di siang atau sore hari. Pudding dan agar-agar mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan.Tips: Kreasikan pudding dan agar-agar dengan aneka buah segar agar lebih enak dan menyehatkan. Opsi lain, gunakan susu atau jus buah untuk memberi rasa manis dan kurangi penggunaan gula saat membuat pudding dan agar-agar.
  3. Keripik Sayur dan Buah
    Mungkin sebagian dari anak-anak tidak menyukai makan sayur dan buah. Hal ini karena rasa atau aroma dari sayur dan buah itu sendiri. Orang tua menjadi kebingungan untuk mengajak anaknya mengkonsumsi sayur dan buah.Bunda perlu mensiasatinya dengan membuat sayur dan buah tersebut menjadi keripik. Sayur dan buah yang dapat dijadikan keripik antara lain bayam, wortel, brokoli, apel, pisang, dan lain sebagainya. Selain menjadi cemilan sehat untuk anak, kita juga bisa menghilangkan rasa dan aroma yang tidak disukai anak.

    Tips: Gunakan oven untuk membuat keripik sayur dan buah sehat, tanpa menggoreng.

  4. Susu dan yogurt
    Yogurt merupakan salah satu produk olahan dari susu. Baik susu maupun yogurt mengandung protein, kalsium, dan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang. Anda dapat menambahkan buah-buahan segar seperti pisang, apel, mangga, atau buah beri ke dalam susu dan yogurt (bisa dicampurkan saja atau diblender) sehingga kandungan nutrisi dan vitaminnya lebih banyak dan cocok untuk cemilan sehat untuk anak.Tips: Pilih susu rendah lemak yang memiliki kandungan nutrisi setara dengan susu biasa namun lebih rendah lemak dan kalorinya.

Itulah sedikit tips memilih cemilan sehat untuk anak. Semoga anda menjadi selektif dalam memilih cemilan untuk anak. Karena membuat sendiri cemilan untuk anak dapat lebih baik dibanding membeli cemilan diluar.

baca juga: Tips Cara Membuat Anak Cerdas

Leave a Reply

3 Comments on "Tips Memilih Cemilan Sehat Untuk Anak"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
trackback

[…] baca juga: Tips Memilih Cemilan Sehat Untuk Anak […]

trackback

[…] baca juga: Tips Memilih Cemilan Sehat Untuk Anak […]

trackback

[…] baca juga : Tips Memilih Cemilan Sehat Untuk Anak […]

wpDiscuz

Top