Articles

Tips Cara Membuat Anak Cerdas

Tips Cara Membuat Anak Cerdas

Semua orang tua di dunia ini ingin memiliki anak yang cerdas dengan perfoma sekolah yang baik. Hal ini tentunya merupakan kebangaan tersendiri bagi setiap orang tua. Karena itu, orang tua harus turut berperan aktif untuk mendukung agar anak dapat berprestasi di sekolah. Nah, apa yang bisa Anda lakukan untuk mendukung performa anak di sekolah?

  1. Membiasakan Anak Untuk Sarapan Pagi
    Sarapan seringkali dikatakan sebagai waktu makan yang paling penting karena berfungsi ‘mengisi kembali’ energi dan nutrisi setelah tidur sepanjang malam. Ketika perut kosong akibat melewatkan sarapan, konsentrasi anak di sekolah jelas mudah menjadi buyar (tidak fokus). Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa fungsi otak, daya ingat, dan konsentrasi pada anak-anak yang rutin sarapan ternyata lebih baik. Pastikan menu sarapan anak kaya nutrisi agar manfaatnya optimal, misalnya susu yang tinggi protein, buah yang kaya vitamin dan mineral, atau kacang hijau dan kacang merah yang mengandung protein dan karbohidrat kompleks.
  2. Memilih Mainan Edukatif
    Pada saat anak bermain, sesungguhnya ia juga sedang belajar. Karena itu, memilih jenis mainan yang tepat akan bermanfaat. Pilihlah mainan yang berbau edukatif dan mampu melatih intelegensi dan kreativitas sang buah hati. Misalnya saja puzzle. Selain itu membelikan buku teka teki silang juga dapat membuat wawasan anak kita semakin luas.
  3. Pastikan Anak Cukup Tidur
    Untuk dapat berkonsentrasi, fokus pada pelajaran, menangkap informasi, dan kreatif setiap anak membutuhkan istirahat yang cukup. Karena ketika anak tidur terlalu malam, dapat membuat anak tersebut mengantuk di sekolah sehingga membuatnya tidak bisa konsentrasi dalam memahami pelajaran. Karena itu, memperhatikan waktu tidur sangatlah penting. Anak usia sekolah membutuhkan 9-11 jam tidur setiap harinya.
  4. Ajak Anak Mengenal Alam dan Bermain di Luar
    Penelitian menunjukkan bahwa bermain di alam dapat membantu mengurangi rasa stress dan tegang pada anak, meningkatkan kreativitas anak, dan membangun imajinasi anak. Kesemuanya jelas berperan penting mendukung performa anak di sekolah.
  5. Jaga Berat Badan Anak di Batas Normal
    Berat badan berlebih dapat mempengaruhi kondisi psikologi anak, yang kemudian berefek negative terhadap performa anak di sekolah. Selain itu, kegemukan pada anak berkaitan dengan berbagai macam gangguan kesehatan yang tentunya mengganggu anak dalam belajar. Jaga berat badan anak agar tidak berlebih dengan menjaga pola makan sehat dan aktif bergerak.

Itulah beberapa tips cara agar anak dapat berprestasi baik di sekolah. Semoga setelah diterapkan dalam mendidik anak anda, sang buah hati mampu menjadi anak yang cerdas dan kebanggaan kita sebagai orang tua.

baca juga: Hal yang harus diperhatikan saat memilih susu anak

Leave a Reply

3 Comments on "Tips Cara Membuat Anak Cerdas"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
trackback

[…] untuk anak usia sekolah. Hal-hal ini penting untuk mendukung perkembangan otak yang optimal sebagai cara membuat anak semakin cerdas. Nah demikian lah Kunci agar anak menjadi […]

trackback

[…] upaya untuk membuat anak cerdas, alternatif cara cerdas seperti contoh berikut dapat anda […]

trackback

[…] baca juga: Tips Cara Membuat Anak Cerdas […]

wpDiscuz

Top