Articles

Kunci anak menjadi lebih cerdas dengan peran aktif orang tua

Kunci anak menjadi lebih cerdas dengan peran aktif orang tua

Banyak orang tua yang mencari cara membuat anak cerdas.

Ya, semua orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh cerdas dan sehat. Sebenarnya, tidak perlu jauh-jauh dan kesulitan mencari cara membuat anak cerdas ternyata kunci cara membuat anak cerdas adalah orang tua.

Sebuah studi yang dilakukan oleh US National Institute of Child Health and Human Development (NICHD) menyebutkan dalam penelitiannya, bahwa orang tua memiliki pengaruh yang utama dan besar dalam perkembagan seorang anak. Studi lain yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa orang tua memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan kognitif anak, bahkan pengaruh orang tua bisa mencapai 2 kali lipat lebih besar daripada pengaruh sekolah kelompok bermain.

Diketahui bahwa kekuatan dan kualitas interaksi antara orang tua (dan keluarga dekat) dengan anak merupakan faktor mendasar yang penting untuk perkembangan struktur, fungsi, dan kapasitas otak anak secara efektif.

Sebaliknya, hubungan yang negatif dan kurangnya keterlibatan orang tua dalam keseharian anak dapat berkaitan dengan masalah emosi dan perilaku pada anak.

Jika ingin mendekatkan diri dan membangun hubungan yang kuat dengan anak, ada beberapa tips aktivitas yang dapat dicoba. Aktivitas-aktivitas ini juga bermanfaat untuk perkembangan otak sebagai cara membuat anak cerdas dan baik untuk perkembangan emosi anak, misalnya:

  • Rutin membaca buku bersama anak.
  • Mengajari lagu anak-anak dan bernyanyi bersama.
  • Menggambar dan mewarnai bersama.
  • Bermain dengan huruf dan angka.
  • Mengajak anak mengunjungi perpustakaan untuk mengenalkan berbagai macam buku bacaan.
  • Mengajak anak mengunjungi keluarga atau teman agar mereka dapat bermain dan berinteraksi dengan teman seumur.
  • Berolahraga bersama anak

Selain hal-hal yang disebutkan diatas, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan mulai dari protein, vitamin, mineral, hingga asam lemak esensial. Pastikan anak memiliki jadwal tidur yang mencukupi, yaitu 9-11 jam setiap harinya untuk anak usia sekolah. Hal-hal ini penting untuk mendukung perkembangan otak yang optimal sebagai cara membuat anak semakin cerdas. Nah demikian lah Kunci agar anak menjadi cerdas.

 


Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz

Top