Articles

Cara Meninggikan Badan di Usia Remaja

Cara Meninggikan Badan di Usia Remaja

Mempunyai tinggi badan ideal tentunya membuat kita bisa tampil percaya diri, terlebih jika anda bercita-cita ingin menjadi model, atlet basket, polisi, perawat, dokter dll.  Memang pada dasarnya tinggi badan dan postur tubuh seseorang dipengaruhi oleh faktor keturunan, artinya tingga badan kita dipengaruhi tinggi badan orang tua. Tapi, bukan berarti lantas harus putus asa atau ‘menyerah’ karena masa remaja merupakan masa pertumbuhan yang sangat pesat. Dengan cara yang tepat, pertumbuhan dapat dioptimalkan sehingga kamu dapat mencapat tinggi badan optimal!

Remaja pada dasarnya masih dalam masa pertumbuhan dan potensi tinggi badan bertambah masih cukup besar. Pada masa ini, pertumbuhan dan perkembangan tulang yang diimbangi dengan penambahan berat otot tubuh terjadi dengan sangat pesat. Yang terlihat, berat badan bertambah dan tubuh pun semakin meninggi.

Pertambahan berat dan tinggi badan ini biasanya dimulai pada usia 10-12 tahun di anak perempuan dan pada usia 12-14 tahun di anak laki-laki. Proses pertumbuhan dan perkembangan ini akan selesai pada usia 17-19 tahun di anak perempuan dan usia 20 tahun di anak laki-laki. Tahukah kamu? Secara rata-rata, penambahan tinggi badan yang terjadi pada anak perempuan di masa remaja dapat mencapai 20.5-25 cm dan di anak laki-laki, tinggi badan dapat bertambah hingga 30 cm.

Nah, agar pertumbuhan dan perkembangan tubuhmu di masa remaja ini optimal, ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

  1. Memenuhi kebutuhan gizi tubuh
    Asupan nutrisi yang cukup bagi tubuh sangat mempengaruhi tinggi badan dan pertumbuhan anak dan remaja. Apa saja yang diperlukan? Protein sebagai bahan dasar penyusun sel dan otot tubuh, zinc untuk menjaga kesehatan tulang dan sintensis protein, zat besi untuk mencegah anemia, kalsium dan vitamin D untuk tulang dan gigi yang kuat, serta vitamin B agar tetap berenergi. Beberapa jenis makanan yang kaya akan nutrisi-nutrisi ini antara lain: susu, kacang-kacangan, daging, dan ikan.
  2. Rutin berolahraga
    Ada banyak sekali manfaat olahraga untuk remaja, termasuk mendukung pertumbuhanmu. Hal ini karena semua jenis olahraga rutin yang menggerakan seluruh tubuh dengan porsi yang benar tanpa berlebihan dapat memancing tubuh untuk memproduksi hormon pertumbuhan. Jadi, kamu bisa memilih jenis olahraga kesukaan, mulai dari berenang, basket, lari, atau badminton, dan lainnya. Usahakan untuk dapat berolahraga minimal 60 menit setiap harinya!
  3. Istirahat Yang Cukup
    Meskipun memiliki jadwal aktivitas padat serta selalu bekerja berat, istirahat yang cukup tetap tidak boleh dilupakan. Saat tidur, tubuh beristirahat dan dapat fokus untuk ‘tumbuh’. National Sleep Foundation menyatakan bahwa tidur yang cukup untuk anak remaja adalah 8-10 jam. Selain itu sebaiknya kamu menghindari bergadang di malam hari jika tidak melakukan hal yang bermanfaat karena tidak baik untuk kesehatan.

Supaya memiliki tinggi badan yang ideal ketika remaja saat ini dan ketika dewasa nantinya lakukan 3 hal di atas dengan rutin. Pastikan untuk meluangkan waktu untuk olahraga dan mencukupi nutrisi serta istirahat setiap harinya.

baca juga: Tips meninggikan badan dengan mudah dan aman

Leave a Reply

2 Comments on "Cara Meninggikan Badan di Usia Remaja"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
trackback

[…] pasti akan diminta oleh orang tuamu untuk minum susu tinggi kalsium setiap hari supaya kamu bisa cepat tinggi. Cara ini memang ada benarnya, namun kamu juga harus mengimbanginya dengan tidak hanya minum susu […]

trackback

[…] Banyak orang yang menginginkan tinggi badan ideal sehingga mencari berbagai macam cara meninggikan badan. […]

wpDiscuz

Top