Articles

Cara Agar Cepat Tinggi Secara Alami

Cara Agar Cepat Tinggi Secara Alami

Tinggi badan ternyata bukanlah masalah fisik semata, melainkan juga dapat memengaruhi tingkat kepercayaan diri anak. Tak heran, banyak yang berusaha melakukan berbagai cara agar cepat tinggi, walaupun hasilnya memang tidak selalu sama pada setiap anak. Sebab, tidak dipungkiri bahwa faktor genetik tetap memiliki peranan dalam menentukan tinggi badan anak kita. Tetapi jangan bersedih hati, sebab faktor genetik bukan satu-satunya faktor penentu tinggi badan anak. Seorang pakar biologi, Chao-Qiang Lai, dari Universitas Tufts, Massachusetts, Amerika mengatakan bahwa faktor genetik memiliki peranan hingga 60-80%, sedangkan sisanya ditentukan oleh faktor lingkungan seperti pola makan, aktivitas fisik, dan istrahat. Oleh sebab itu, coba simak beberapa tips berikut agar pertumbuhan anak lebih optimal, dan tinggi badan ideal pun dapat dicapai.

  1. Cukupi asupan kalsium dan vitamin D
    Pertumbuhan tinggi badan erat kaitannya dengan nutrisi, terutama kalsium dan vitamin D. Beberapa studi juga telah melihat bahwa asupan kedua nutrisi ini terhubung dengan pertumbuhan tulang yang lebih optimal khususnya ketika masa anak-anak dan remaja. Oleh sebab itu, pastikan Anda memenuhi kebutuhan kedua nutrisi anak ini setiap hari. Sumber kalsium dapat dengan mudah diperoleh dari susu dan produk olahannya, serta sayuran hijau. Sedangkan, Vitamin D dapat diperoleh melalui paparan cahaya matahari ataupun makanan seperti ikan-ikanan dan telur.
  2. Aktif berolahraga
    Pada masa usia anak dan remaja, olahraga pun penting untuk dilakukan. Tidak perlu pusing jenis olahraga mana yang boleh atau tidak boleh. Sebab pada dasarnya, olahraga rutin yang menggerakan seluruh tubuh dengan porsi yang benar tanpa berlebihan, dapat memancing tubuh untuk memproduksi hormon pertumbuhan.
  3. Tidur yang cukup
    Meskipun sederhana, tapi istirahat atau tidur yang cukup kerap disepelehkan. Keasyikan nonton TV atau bermain gadget dapat membuat lupa waktu. Padahal, pertumbuhan dan perkembangan paling optimal terjadi pada malam hari ketika kita sedang tertidur nyenyak. Selama tidur, tubuh menghasilkan hormon pertumbuhan yang menginstruksikan tulang dan ototmu untuk bertumbuh dan bertambah. Oleh karena itu, hindari bergadang dan cukupi kebutuhan tidur.
  4. Berdiri tegak dan proporsional
    Meskipun berdiri tegak tidak akan menambah pertumbuhanmu. Postur tubuh tegak akan membuat anak terlihat lebih tinggi. Tak hanya itu, berdiri tegak juga membantu terhindar dari sakit leher, bahu, dan punggung bawah.

Itulah beberapa cara agar cepat tinggi secara alami yang bisa anda aplikasikan untuk membuat pertumbuhan tubuh anak Anda lebih optimal.

baca juga: Mendidik Anak Agar Menjadi Disiplin dan Penyayang

Leave a Reply

3 Comments on "Cara Agar Cepat Tinggi Secara Alami"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
trackback

[…] # cara meninggikan badan dengan cepat […]

trackback

[…] Baca juga: Cara Agar Cepat Tinggi Secara Alami […]

trackback

[…] baca juga: Cara Agar Cepat Tinggi Secara Alami […]

wpDiscuz

Top