Articles

Berikan Pemahaman kepada Anak yang Susah makan

Berikan Pemahaman kepada Anak yang Susah makan

Persoalan menarik yang dihadapi orang tua adalah ketika menjumpai suatu keadaan dimana anak kita terkendala susah makan. Keadaan ini mengakibatkan suatu bentuk kekhawatiran, kegelisahan bahkan keresahan pada orang tua. Ketika hal ini terjadi bagi Anda sebagai orang tua, maka harus dicari sebuah solusi yang terbaik. Misalkan dengan mengajaknya makan bersama, membina keakraban dengan anak dan sesekali mengambilkan makanan untuk anak. Cara ini sebetulnya adalah sebuah bentuk pendidikan dan pembinaan orang tua kepada anak. Persoalan makan sebetulnya adalah sesuatu yang penting jika memang dialami oleh anak. Sebab bila seorang anak mulai kehilangan nafsu makan penyakit-penyakit akan mudah datang.

Hilangnya Nafsu Makan membuat Anak Susah Makan

Berikan-Pemahaman-kepada-Anak-yang-Susah-makan

Penyakit kecil yang berdampak besar yang akan datang adalah maag. Sakit maag adalah sebuah penyakit yang akan dia alami anak bila susah makan. Dalam hal ini penting kiranya orang tua memberikan pemahaman terhadap anak tentang sebab dan akibat bila tidak mau makan. Hal tersebut akan berpengaruh kepada psikologis anda. Jadi ketika orang tua menyuruh kepada anak untuk melakukan berbagai macam hal, maka anak menurutinya. Salah satunya adalah menyuruh anak untuk makan dengan teratur. Usaha orang tua yang sederhana ini merupakan hal yang sangat penting jika dilakukan. Cara lain yang harus dilakukan orang tua adalah dengan memberikan suri tauladan pada anak dalam melakukan hal-hal yang baik.

Cara mengatasi keadaan dimana seorang anak mulai mengalami susah makan dapat dilakukan dengan tips-tips berikut. Strategi yang dilakukan orang tua adalah dengan merangsang anak dengan makanan sedikit demi sedikit. Cara ini sungguh sangat efektif jika dilakukan sebagai modal awal untuk mengikatkan nafsu makan anak secara berlahan. Usaha kedua yang harus dilakukan adalah dengan memberikan penambah nafsu makan dalam minuman anak. Langkah ini akan mendorong sisi-sisi positif pada anak untuk memunculkan nafsu makan yang ada pada anak. Beberapa vitamin dapat Anda temukan di apotek-apotek terdekat di sekeliling rumah. Pemberikan makanan tingan setiap saat juga bisa berfungsi sebagai penambah nafsu makan anak.
anak-sulit-makan-hiloschool
Biasanya anak akan susah makan di usia dibawah 7 tahun, maka Anda harus menyajikan makanan secara beragam. Jangan terlalu monoton dalam membuat makanan setiap hari. Menu makanan juga dapat disediakan beragam setiap hari. Misalnya di gilir setiap hari dengan menu yang berbeda. Hari pertama, misalnya telur dan sayur bayam, hari kedua, daging dan sayur asem, hari ketiga bisa dengan cemilan kue atau roti dan seterusnya. Cara ini akan sangat efektif jika dilakukan untuk menambah daya dorong minat makan pada anak dibawah tujuh tahunan. Mengajak anak terlibat dalam proses pembuatan makanan akan mendorong nafsu makan anak, agar anak memiliki hasrat minat makan yang besar dalam keseharian. Demikian pembahasan ini dan semoga bermanfaat!

Di saat anak mulai mengalami suli makan

Anda bisa memberikan makanan lain berupa cemilan sehat atau bisa mengajaknya bermain masak-masakan agar merangsang si kecil untuk mau mencicipin apa yg dia buat


Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz

Top