Articles

Anak Gemuk Punya Lubang Gigi Lebih Banyak

Anak Gemuk Punya Lubang Gigi Lebih Banyak

Tahukah Bunda, anak gemuk ternyata juga seringkali mengalami masalah lubang gigi? Mungkin sebagian dari Bunda merasa aneh, namun hal di atas adalah benar adanya dan sudah dibuktikan oleh seorang peneliti dari Amerika Serikat. Dalam penelitian yang dilakukan terhadap 65 anak yang mengalami masalah lubang gigi di Amerika Serikat, ternyata hampir 28 % dari 65 anak tersebut mengalami masalah kegemukan atau obesitas. Jika dibandingkan dengan perkiraan rata-rata nasional untuk anak gemuk, angka tersebut 5% lebih tinggi dibandingkan dengan yang seharusnya.

Berdasarkan analisa dari Dr Kathleen Bethin dari University at Buffalo, sebenarnya, hubungan antara kasus anak gemuk dan lubang gigi ini disebabkan oleh pilihan pemberian nutrisi buruk pada anak. Salah satu faktor penyebab obesitas adalah konsumsi gula yang berlebih. Anak kecil pastinya suka untuk makan segala sesuatu yang berasa manis, seperti coklat, permen, dan camilan manis lainnya. Gula yang masuk ke dalam tubuh memang akan diubah menjadi energi, namun tidak seluruhnya tentunya. Gula berlebih yang tidak diubah akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak. Lemak inilah yang akhirnya menyebabkan obesitas.

Tidak hanya menyebabkan anak gemuk, konsumsi gula juga berpotensi menyebabkan masalah pada gigi. Seperti yang kita ketahui, gula yang seringkali tersangkut pada gigi dapat menyebabkan lubang gigi. Tentu saja Bunda tidak ingin buah hati Bunda mengalami masalah obesitas atau lubang gigi bukan? Karena itu, berhati-hatilah dalam memilih makanan bergizi dan bernutrisi bagi buah hati Bunda.

Konsumsi gula dan lemak secukupnya, jangan berlebihan untuk menghindari terjadinya obesitas dan lubang gigi. Tentunya, sikat gigi secara teratur juga akan mengurangi risiko gigi berlubang. Berikan HiLo School, susu mineral tinggi kalsium rendah lemak yang membantu anak tumbuh lebih tinggi dan tidak gemuk.
HiLo School, tumbuh ke atas, gak ke samping.

Reference:
Baker L. 2010. Decay of Baby Teeth May be Linked to Obesity, Poor Food Choices, Study Suggests. http://www.buffalo.edu/news/11463 [22 June 2010]


Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz

Top