Articles

6 Kelebihan Susu Rendah Lemak

6 Kelebihan Susu Rendah Lemak

Tentu sudah banyak kita ketahui jika susu sangat memiliki banyak manfaat. Namun, kadang ada beberapa orang yang meninggalkan susu karena susu memiliki lemak dan membuat kegemukan. Memang susu mengandung lemak, tapi ada alternatif susu lain untuk Anda yang takut akan kegemukan. Salah satunya adalah susu rendah lemak. Apa itu susu rendah lemak? Susu rendah lemak adalah susu yang diolah untuk menghilangkan lemak pada susu dan tetap mempertahankan nutrisinya supaya tetap utuh. Susu rendah lemak tetap memiliki segudang manfaat bagi tubuh, meskipun kandungan lemaknya lebih rendah. Apa saja kelebihan susu rendah lemak ?

  1. Kandungan Lemak yang Lebih Rendah
    Hal ini sudah pasti, karena susu rendah lemak memiliki kandungan lemak yang rendah yaitu sekitar 2.5 gram lemak per gelas. Sedangkan pada susu biasa umumnya terdapat 5 gram lemak per lemak. Susu rendah lemak bisa menjadi alternatif untuk Anda yang takut gemuk tanpa harus meninggalkan susu.
  2. Kandungan Nutrisi yang Setara
    Walaupun kandungan lemaknya lebih rendah, bukan berarti kandungan nutrisi susu rendah tidak setinggi susu biasa. Sebaliknya, susu rendah lemak mengandung nutrisi yang setara dengan susu biasa. Dengan memilih susu rendah lemak, Anda akan mendapatkan segala kelebihan susu termasuk protein, kalsium, serta berbagai macam vitamin dan mineral namun dengan lemak dan kalori yang lebih rendah.
  3. Sumber Protein yang Lebih Sehat
    Susu rendah lemak mengandung protein untuk nutrisi yang lebih baik. Satu cangkir susu ini memiliki 8.3 gram protein yang penting untuk mencukupi kebutuhan protein harian Anda. Dengan kandungan lemaknya yang lebih rendah, susu rendah lemak pun menjadi pilihan sumber protein yang lebih sehat.
  4. Membuat Tulang Lebih Kuat
    Seringkali, susu rendah lemak difortifikasi dengan kandungan kalsium yang lebih tinggi. Dengan demikian, minum 1 cangkir susu rendah lemak tinggi kalsium dapat membantu memenuhi hingga setengah dari kebutuhan kalsium harian yang dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk membuat tulang lebih padat.
  5. Menurunkan resiko obesitas
    Dengan kandungan lemaknya yang lebih rendah, susu rendah lemak memiliki kandungan kalori yang juga lebih kecil. Didukung dengan pola makan sehat dan rutin berolahraga, susu rendah lemak jelas bermanfaat bagi mereka yang ingin menjaga berat badan ideal.
  6. Sumber Vitamin D
    Kandungan vitamin D pada susu rendah lemak berperan penting meningkatkan penyerapan kalsium di dalam susu. Dengan begitu, kalsium pada susu rendah lemak dapat dimanfaatkan secara efisien guna menjaga kepadatan tulang dan fungsi tubuh lainnya.

 


Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz

Top