Articles

4 Trik Mengatasi Anak Susah Makan

4 Trik Mengatasi Anak Susah Makan

Para orang tua mulai bingung dan cemas saat buah hatinya susah makan. Apalagi ketika masih kecil, anak membutuhkan banyak nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembang yang baik. Banyak cara yang dilakukan orang tua agar anaknya tidak malas makan. Namun, beberapa cara yang diterapkan tidak dapat mengatasi masalah anak susah makan. Kebanyakan cara yang dilakukan dengan paksaan dan kurang menarik.

Masalah anak susah makan harus melalui pendekatan yang baik dan mengenali penyebabnya. Penyebab anak susah makan memiliki keragaman seperti hilangnya nafsu makan saat anak sakit, tidak menyukai jenis makanan tertentu atau anak lebih suka jajan diluar. Ada beberapa trik yang dapat mengatasi masalah anak susah makan. Simak beberapa trik berikut ini:

Trik mengatasi anak susah makan

  1. Membuat makanan yang menarik
    Memasak makanan untuk anak dapat dilakukan dengan sajian yang menarik. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menghias makanan atau membentuk makanan sesuai karakter kesukaan anak. Kombinasikan berbagai macam sayuran dengan warna yang berbeda agar makanan tampak lebih berwarna dan menarik, serta tentunya lebih sehat. Menghias makanan dapat meningkatkan daya tarik dan nafsu makan anak. Trik ini cukup berhasil untuk mengatasi masalah anak susah makan.
  2. Mengajak anak menyiapkan makanan
    Ketika anda menyiapkan makanan untuk buah hati, sebaiknya anda mengajak anak untuk ikut memasak. Namun, bukan memasak dengan tingkat yang sulit atau berbahaya. Anda dapat mengajak anak menghias makanan yang akan ia santap. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan ketertarikan anak untuk menyantap makanan yang ia buat sendiri. Selain itu, dapat melatih anak mandiri dan terampil dalam memasak.
  3. hilangnya nafsu makan anak

  4. Menghilangkan kebosanan anak saat makan
    Mungkin anak anda merasa bosan dengan makanan yang disajikan yang itu-itu saja. Hal ini juga menjadi penyebab anak susah makan. Oleh karena itu, cobalah membuat variasi makanan dari bahan-bahan yang sering anda pakai, misal dengan mengombinasikan bahan-bahan atau mengganti metode memasak. Seperti misalnya telur. Ada banyak kreasi makanan dari bahan dasar telur yang dapat disajikan menjadi menu berbeda setiap hari Variasi makanan akan meningkatkan nafsu makan anak sehingga mereka tidak akan malas makan.
  5. Membuat anak senang ketika makan
    Bangunlah kebiasaan untuk makan bersama sekeluarga di meja makan. Penelitian menunjukkan bahwa makan bersama berkaitan dengan pola makan yang lebih sehat pada anak. Jadikan waktu makan sebagai waktu berkumpul yang menyenangkan dengan mengajak anak bercerita kesehariannya. Dengan begini, waktu makan tidak terasa monoton dan dapat mempererat hubungan dengan anak. Matikan juga televisi atau gadet selama waktu makan karena menyebabkan anak tidak fokus untuk makan dan lambat untuk menyantap makanannya.

Trik mengatasi anak susah makan tersebut tidak sulit untuk dilakukan. Hanya saja memang membutuhkan sedikit kesabaran dan ketaletan anda. Dengan menggunakan trik tersebut, anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah anak susah makan. Bunda dapat menerapkannya kepada buah hati mulai dari sekarang.

hadapi anak sulit makan


Leave a Reply

1 Comment on "4 Trik Mengatasi Anak Susah Makan"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
trackback

[…] anak susah makan memang perlu diwaspadai. Terlebih jika anak lebih sering jajan tidak sehat jika dibanding dengan […]

wpDiscuz

Top