Articles

4 Cara Cerdas Yang Ampuh Membuat Anak Cerdas

4 Cara Cerdas Yang Ampuh Membuat Anak Cerdas

Siapa yang tak ingin memiliki anak yang cerdas, tentu semua orang tua ingin anaknya cerdas. Akan tetapi, tentu caranya tidak mudah. Hal ini karena setiap anak memiliki kecenderungan sendiri terhadap tingkat kecerdasannya baik melalui hobinya maupun secara pelajaran di sekolah. Namun, beragam upaya dapat dilakukan untuk membuat anak menjadi lebih cerdas sesuai bakat dan kegemarannya.

Sebagai upaya untuk membuat anak cerdas, alternatif cara cerdas seperti contoh berikut dapat anda coba:

  1. Budaya membaca
    Aktivitas membaca adalah cara yang tepat untuk membantu meningkatkan pengetahuan anak secara kognitif. Seorang pakar pendidikan anak mengungkapkan bahwa terdapat setidaknya 8 aspek yang bekerja ketika anak terbiasa dan suka membaca. Aspek-aspek ini adalah aspek sensori, sekunsial atau tata urutan kerja, persepsi, berpikir, belajar, pengalaman, asosiasidan afeksi. Kesemua aspek tersebut adalah faktor penting untuk membuat anak cerdas dan meningkatkan kecerdasan serta kemampuan otaknya.
  2. Bicara cerdas dan komunikasi yang baik
    Inilah hal penting dalam perannya membuat anak cerdas. Bicara secara cerdas berarti bicara yang berbobot dan usahakan pembicaraan anda dapat ditangkap oleh anak dengan komunikasi yang baik dengan anak. Hindari berbicara kotor, mencaci, menghina maupun bicara kasar, ajak anak berdiskusi sehingga anda dapat mengarahkannya. Berkomunikasi dengan anak secara cerdas juga akan memacu perkembangannya dengan baik serta menumbuhkan kepercayaan dirinya.
  3. Beri cerita inspiratif, akrabkan dengan musik dan bernyanyi
    Cerita inspiratif bisa memacu anak untuk menumbuhkembangkan daya imajinasi serta kecerdasan anak. Melalui cerita inspiratif anak terpacu untuk termotivasi menjadi lebih baik dan berbuat lebih baik nantinya. Tak hanya itu, akrabkan pula anak dengan musik dan bernyanyi untuk melatih kemampuan otak kanannya agar seimbang mengimbangi kemampuan akademisnya.
  4. Cukupi kebutuhan gizi
    Yang tak kalah penting, cukupi kebutuhan gizinya untuk mendukung perkembangan otak. Tahukah Anda? Pada usia 3-7 tahun, terjadi perkembangan otak sebesar 25%. Hal inilah yang menyebabkan masa kanak-kanak dikatakan sebagai masa penting untuk mengoptimalkan perkembangan otak. Tanpa nutrisi yang mencukupi, perkembangan otak dapat terganggu dan kemudian berdampak pada fungsi kognitif yang kurang optimal di kemudian hari. Beberapa nutrisi yang berperan penting untuk perkembangan otak antara lain: zat besi, zinc, dan omega-3. Karena itu, biasakan anak untuk mengkonsumsi makanan sehat dengan nutrisi seimbang sejak dini, misalnya susu, sayur, buah, kacang-kacangan, atau ikan salmon. Biasakan pula anak agar selalu sarapan di pagi hari sebelum berangkat sekolah untuk membantunya berkonsentrasi saat belajar.

Cara membuat anak cerdas seperti yang telah dibahas tadi bisa anda terapkan untuk memperoleh hasil yang baik dalam membuat anak cerdas. Tapi, selalu ingat bahwa masing-masing anak memiliki kelebihan dan bakat yang berbeda. Doronglah anak untuk mengembangkan diri sesuai bakat dan kesukannya. Jika anak cerdas tak hanya menguntungkan dan bermanfaat bagi dirinya sendiri, namun anda juga tentu akan bangga.

Baca juga: Tips Cara Membuat Anak Cerdas

Leave a Reply

1 Comment on "4 Cara Cerdas Yang Ampuh Membuat Anak Cerdas"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
trackback

[…] anaknya tumbuh cerdas dan sehat. Sebenarnya, tidak perlu jauh-jauh dan kesulitan mencari cara membuat anak cerdas ternyata kunci cara membuat anak cerdas adalah orang […]

wpDiscuz

Top